Pencarian Favorit:

Senin, 12 Desember 2016

7 Nilai Pentingnya Bermain dan manfaat untuk anak-anak

7 Nilai Pentingnya Bermain dan manfaat untuk anak-anak - Bermain adalah hak fitri pada anak-anak yang Allah jadikan sebagai naluri dalam jiwa mereka yang akan membantu perkembangan dan pembentukan fisiklnya secara wajar. Para ulama telah mengetahui fungsinya bermain seperti yang dikatakan oleh Imam al-Ghazali 
Sebaiknya seusai belajar di sekolah, anak-anak diizinkan untuk bermain-main dengan beragam bentuk permainan yang baik, sehingga mereka bisa beristirahat dari kepenatan belajar. Namun juga jangan sampai mereka terlalu lelah bermain. Melarang anak untuk bermain dan memaksa mereka untuk terus-menerus belajar dapat mematikan hati mereka, menumpulkan kecerdasan mereka, dan membuat mereka merasa tertekan sehingga pada akhirnya mereka mencari-cari jalan untuk sama sekali meninggalkan kegiatan belajar tersebut.
Bagi orang dewasa bermain hanyalah kegiatan untuk mengisi waktu luang. Tetapi bagi anak-anak, bermain merupakan pekerjaan yang sangat penting. Melalui kegemarannya bermain, akan dan fisik mereka menjadi lebih berkembang. Aktivitas bermain juga akan menyempurnakan fungsi-fungsi sosial, emosional dan inteligensinya, mencakup kegiatan berpikir, penyelesaian masalah dan kecepatan imaginasi mereka. Peran serta orang tua sangat dibutuhkan untuk menentukan kemampuan-kemampuan anak dan perkembangan hubungan kecerdasannya.

 Masa pra sekolah merupakan masa yang sangat penting bagi pertumbuhan akal anak melalui kegiatan bermain, dimana anak akan sampai pada kematangan tertinggi. Aktivitas bermain akan menyiapkan anak untuk dapat menyesuaikan diri di masa depan melalui respon baru yang ditampilkan olehnya ketika ia bermain. Karena itu janganlah kita memandang bermain sebagai sesuatu yang membuang-buang waktu, tetapi pandanglah ia sebagai kegiatan penting bagi perkembangan anak. Adalah 7 Nilai yang terkandung dalam bermain



7 Nilai Pentingnya Bermain

  1. Nilai-nilai Fisik
    Aktivitas bermain pada anak, secara aktif adalah sangat penting bagi pertumbuhan otot anak. Melalui bermain, anak mempelajari ketrampilan-ketrampilan menemukan dan mengumpulkan sesuatu.
  2. Nilai-nilai Pendidikan
    Aktifitas bermain akan membuka cakrawala berfikir anak untuk mengetahui bagaimana mempelajari banyak hal melalui berbagai alat permainan, seperti mengetahui bentuk-bentuk, warna-warna, ukuran dan pakaian.
  3. Nilai-nilai Sosial
    Melalui aktifitas bermain, anak-anak belajar bagaimana membentuk relasi-relasi sosial dengan orang-orang lain dan belajar cara berinteraski bersama mereka dengan sukses, sebagaimana juga meneka belajar memberi dan menerima melalui bermain tolong menolong dan bermain bersama anak-anak yang lebih besar dari mereka.
  4. Nilai-nilai Moral
    Melalui aktifias bermain, anak belajar pemahaman awal mengenai benar dan salah, sebagaiman juga ia belajar secara prinsip beberapa kriteria moral, seperti keadilan, kejujuran, amanah, kontrol diri (self control) dan jiwa sportifitas
  5. Nilai-nilai Inovatif
    Dengan bermain, anak akan mampu menunjukkan kemampuan inovatifnya dan mencoba ide-ide yang ada dalam pikirannya
  6. Nilai-nilai Individual
    Melalui kegiatan bermain, anak akan mengetahui banyak hal mengenai dirinya, seperti mengenal kemampuan-kemampuan dan ketrampilan-ketrampilan selama berinteraksi dengan teman-temannya dan akan membandingkan dirinya dengan mereka, sebagaimana ia juga belajar dari kesulitan-kesulitannya dan bagaimana ia dapat mengatasinya
  7. Nilai-Nilai Pengobatan
    Dengan bermain, anak menghilangkan ketegangan yang timbul akibat berbagai kekeangan yang ditetapkan terhadapnya. Karena itu kita melihat bahwa anak-anak yang dirumah mereka banyak mendapatkan kekangan, perintah dan larangan, maka diluar rumah mereka bermain lebih banyak dibandingkan anak-anak lain. Bermain merupakan sarana terbaik untuk menghilangkan perasaan tertekan.
Itulah 7 Nilai Pentingnya bermain dan manfaat untuk anak-anak. Cari tahu bagaimana Karakteristik Anak-Anak Anda di tulisan sebelumnya.


EmoticonEmoticon